Sabtu, 18 Desember 2010

Apa itu Grafology ? ( Analisa Tulisan Tangan )

Grafology sering disebut juga sebagai Analisa Tulisan Tangan merupakan salah satu ilmu terapan yang mendalami tentang pemahaman kepribadian seseorang. Dengan kata lain, kita bisa mengetahui bagaimana kepribadian seseorang dengan menganalisa tulisan tangannya. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Iya, hal ini disebabkan karena adanya keterkaitan antara otak sebagai penggerak tubuh kita dengan gerakan tangan kita. Tulisan tangan yang merupakan hasil dari perintah-perintah yang diberikan oleh otak. Apa yang kita tulis, bagaimana kita menulis, kecepatan kita menulis, semuanya itu diatur oleh otak.

Adapun otak itu sendiri merupakan gabungan dari kompleksitas sistem psikologis yang ada pada diri kita. Otak kita mengolah emosi, ketelitian, kesabaran, motivasi, energi yang dikeluarkan, dsb. yang mana sebagian besar terjadi secara otomatis (karena kebiasaan, pembelajaran, dsb) dan karena terjadi sejak lama maka hal tersebut menjadi kepribadian kita. Gabungan sistem tersebutlah yang saat ini didalami oleh Psikologi.

Jadi, ketika  kita menggoreskan pena diatas kertas, maka sesungguhnya banyak informasi tersirat dibalik tulisan tangan tersebut.

Untuk ilustrasi mudahnya, mari kita coba bahas 2 kasus:

Kasus I: 
Anda diminta tolong oleh boss anda memilih salah seorang diantara 2 pelamar kerja untuk diterima di bagian Administrasi. Ke-2 pelamar tersebut membawa surat lamarannya dengan ditulis tangan dan ditandatangan oleh dirinya sendiri. Karena waktunya sangat sangat sangat singkat sekali, anda diminta memilih hanya dengan melihat surat lamaran tersebut sekilas tanpa membaca isinya & tanpa interview pelamar tersebut.

Pelamar ke1 : Dia menulis dengan tulisan seperti 'ceker ayam', yang cukup sulit anda baca. Dalam kalimat, anda menemukan beberapa huruf besar di antara kalimat (seperti ini: saYa kuLiaH di UniVersItas). Kemudian, anda melihat pada beberapa baris akhir kalimat, tulisan menjadi kecil (karena baris tidak cukup, jadi tulisan dikecilkan / membengkok kebawah).

Pelamar ke2 : Dia menulis dengan tertata rapih, jarak penulisan awal kalimat dan akhir kalimat tiap baris (margin) tampak serasi dan teratur. Hampir tidak ada singkatan. Ukuran huruf stabil.

STOP sampai disitu.
Setelah Anda melihat dan membandingkan ke-2 surat tersebut, mana yang kemungkinan Anda akan pilih untuk diterima sebagai administrasi di tempat boss anda?

Saya yakin, sebagian besar pembaca akan sepemikiran dengan saya: Terima pelamar ke-2.
Kenapa?
Karena 'perasaan' kita mengatakan bahwa pelamar ke-1 tampaknya kurang teratur dalam kesehariannya, dalam bertindak dan bersikap. Sementara pelamar ke-2 tampak lebih mampu mengontrol dan melakukan sesuatu dengan lebih terstruktur dibanding pelamar ke-1. Apakah Anda 'merasa' hal yang sama? :)

Bila iya, ucapan SELAMAT saya berikan untuk Anda, karena 'perasaan' Anda tersebut sejalan dengan Ilmu Grafology yang telah diteliti melalui ribuan kali penelitian.

Mari kita lanjutkan ke kasus selanjutnya. 
  
Kasus II:
Ibaratkan ada 3 orang: Si-A, si-B, dan si-C.

Ketiganya disuruh menulis diselembar kertas kosong ukuran sama besar (A4) dan alat tulis pulpen yang sama.
Setelah selesai menulis, kita lihat hasilnya seperti ini:

  • Si-A menulis dengan tertata rapih, tiap huruf ditulis dengan jelas, ukuran huruf normal (tidak terlalu kecil & tidak terlalu besar), tekanannya pun normal.
  • Si-B menulis sama-sama rapih seperti si-A, namun dengan tekanan yang sangat keras (sampai kita bisa meraba lekukan dibawah kertasnya)
  • Si-C menulis dengan sangat tipisss dengan huruf yang sangat kecil-kecil di pojok kiri atas, memanfaatkan hanya sedikit sekali bidang kertas.
Secara tidak langsung, mungkin anda terasa antara si-A dan si-B, mana yang akan lebih memberi energi ketika bekerja? Mana diantara ke-3nya yang akan lebih tertutup ketika sedang ngumpul-ngumpul?

Bila jawaban pertama= Si-B, dan jawaban ke-dua = Si-C.

Maka saya ucapkan 2x SELAMAT bagi Anda diikuti dengan Acungan Jempol untuk Anda :) 
Karena Anda memiliki bakat untuk menjadi seorang Grafolog !
Tinggal kembali lagi ke diri Anda, Adakah kemauan, usaha & komitmen untuk mendalaminya?

Bila iya, maka Anda akan melihat sendiri & akan dibuat takjub oleh apa-apa yang selama ini kita anggap 'tidak ada maknanya' atau 'biasa saja' ternyata terdapat keajaiban didalamnya, yaitu melihat kepribadian seseorang dari tulisan tangannya ;)

Tulisan ini saya tutup dulu sampai disini, InsyaAllah nanti saya lanjutkan dengan ilmu-ilmu Grafology lainnya yang akan semakin menarik untuk didalami, seperti:
- Contoh - contoh tulisan tangan beserta makna dibalik bentuk huruf tersebut. 
- Contoh - contoh analisa tulisan tangan yang dibuat oleh master-master Grafolog seantero dunia.
- Grafotherapy ( Terapi diri melalui tulisan tangan)
- Tips & Trik nya
- Dlsb.

Berhubung ini merupakan tulisan pertama saya yang menyangkut Grafology, maka mohon maaf bila kata-katanya masih sulit difahami & untuk pembaca, mohon komentar & tanggapannya agar penulis bisa mendapat feedback & semakin giat menulis lagi. InsyaAllah.

Ditunggu yah. Terimakasiiih.  

3 komentar:

  1. Good, next penulisan di balik makna seperti contoh gambar di atas.

    BalasHapus
  2. seperti membaca grafology si penulis hehehe..

    Yup lebih enak kalau ada contoh gambarnya, but tulisan ini pun sudah cukup memberikan pengetahuan singkat mengenai Grafology.

    Terima kasih Avivy

    Selamat blogging...semakin sering melakukannya semakin dekat dengan Grafology by typing words - kayaknya .... peace yaw

    BalasHapus